Marketing merupakan istilah bisnis yang didefinisikan oleh para ahli dalam banyak cara yang berbeda.
Dengan
melakukan marketing yang tepat, maka bisnis yang kamu jalankan akan mengasilkan
omset yang maksimal. Terlebih jika perusahan tersebut memiliki strategi
marketing yang sesuai dengan niche bisnisnya.
Nah, buat
kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang marketing, di bawah ini kami merangkum
seputar penjelasan tentang marketing. Tunggu apa lagi, yuk ikuti ulasan kami di
bawah ini!
Pengertian Marketing
Marketing
adalah suatu sistem untuk melakukan kegiatan pemasaran secara keseluruhan mulai
dari merencanakan produk, penetapan harga, promosi hingga merancang strategi
pendistribusian produk untuk memuaskan para konsumen atau target.
Tak hanya
itu, marketing juga akan melakukan analisis pasar serta mengidentifikasi
kebutuhan konsumen agar mempermudah sales saat terjun langsung dalam melakukan
pemasaran produk.
Tujuan Marketing
Marketing memiliki
tiga tujuan, antara lain:
- Konsumen
dapat mengetahui lebih detail produk (barang/jasa) yang ditawarkan dan
sebaliknya, produsen dapat menyediakan produk sesuai permintaan dan kebutuhan
konsumen.
- Perusahaan
dapat menjelaskan secara detail seluruh kegiatan yang berhubungan dengan
aktivitas pemasaran, mulai dari deskripsi, desain, promosi, iklan produk hingga
komunikasi dengan konsumen serta pengiriman produk.
- Perusahaan
dapat mengenali dan memahami konsumen dengan baik sehingga produk yang di
tawarkan juga sesuai dengan keinginan konsumen.
Fungsi Marketing
Marketing
memiliki fungsi yang berguna menunjang aktivitas bisnis. Adapun fungsi-fungsi
tersebut, yakni:
1. Fungsi Promosi
Promosi
harus dilakukan dengan cara yang tepat dengan memperhatikan target konsumen.
Apabila target pemasaran produk kamu adalah orang dewasa, maka promosi yang
perlu kamu lakukan iyalah bekerja sama dengan influencer di media sosial.
2. Fungsi Perantara
Setelah
produk kamu cukup dikenal, maka harus ada pihak yang menjadi perantara agar prosuk
kamu bisa sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini, pihak marketerlah yang menjadi
penghubung antara perusahaan dan konsumen dengan cara mencari informasi,
mengelompokkan produk, dan sebagainya.
3. Fungsi Riset
Guna
menentukan target pasar yang tepat, tim marketing harus melakukan riset
terlebih dahulu agar mendatangkan hasil yang diinginkan. Riset biasanya
dilakukan melalui survei, yang kemudian dianalisis untuk menghasilkan
kesimpulan.
4. Fungsi Distribusi
Agar barang bisa
sampai ke tangan ke konsumen, maka produk harus didistribusikan dengan cara
dipindahkan, diangkut, dan disimpan.
Tim
marketing harus menentukan lokasi-lokasi yang potensial, dimana barang/jasa
tersebut banyak dicari.
5. Fungsi Penjualan
Marketing
juga memiliki fungsi penjualan yang langsung kepada konsumen guna membantu sales
untuk mencapai target.
Hal itu
dikarenakan, fungsi utama marketing adalah promosi sehingga berkaitan langsung
dengan penjualan.
Itulah
seputar penjelasan mengenai pengertian marketing lengkap dengan tujuan dan fungsinya.
Bagaimana apakah ulasan kami di atas cukup membantu kamu? Komen di bawah yah.
Komentar
Posting Komentar