TikTok adalah salah satu media sosial paling populer saat ini. Media sosial yang satu ini bisa menjadi hiburan di waktu senggang, karena konten yang diunggah di platform ini beragam, mulai dari ngedance, tutorial make up atau masak, ngeshare ilmu dan lainnya.
Tingginya angka
pengguna TikTok ini dapat menjadi tempat pelaku usaha/bisnis atau UKM untuk
memasarkan produknya. Semakin banyak produk tersebut dilihat oleh pengguna,
maka semakin besar peluang produk tersebut terjual.
Bahkan plaform ini
ikut mendukung para pebisnis, TikTok sudah merilis TikTok for Business, loh.
Fitur ini mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk
mempromosikan produknya.
Agar promosimu
berhasil dan mendapat banyak pengunjung, kamu harus menerapkan beberapa
strategi marketing TikTok berikut ini:
1. Unggah Video yang Menarik
Tips pertama dalam
mempromosikan sebuah produk di TikTok adalah dengan menggunggah konten.
Usahakan agar kamu membuat konten yang menarik dan memuat mengenai informasi
kelebihan dan ciri khas dari produk yang akan diiklankan
Kemudian, kamu harus
selalu update tren yang sedang viral di TikTok, seperti lagu, filter, hingga
chalengge, agar promosimu menarik banyak penonton.
Cara lain untuk
mempromosikan produk di TikTok adalah dengan membuat giveaway, dengan
memberikan produk gratis kepada pengguna setelah memenuhi syarat yang kamu
beri. Misalnya meninggalkan komentar dan memfollow akun TikTok bisnis kamu.
2. Gunakan Hastag
Hastag adalah fitur
pendukung yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah penonton TikTok.
Namun dalam setiap video yang kamu unggah, gunakan hastag yang relevan, ya.
Hastag yang kamu buat
di TikTok akan digunakan sebagai rujukan untuk memberikan rekomendasi video
kepada pengguna lain. Salah satu hastag yang sering digunakan adalah #fyp.
FYP (for you page) adalah
halaman yang berisi rekomendasi konten video TikTok, berdasarkan sejumlah
faktor kontribusi, seperti riwayat video yang telah dilihat dan disukai.
3. Berkolaborasi dengan influencer TikTok
Jika jumlah pengikutmu
di TikTok masih sedikit, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer TikTok
untuk meningkatkan penjualan produk kamu.
Influencer memiliki
pengaruh yang besar terhadap persepsi dan opini publik. Jika influencer
mengatakan sebuah produk itu bagus, kemungkinan akan banyak pengguna lainnya
yang tertarik untuk membeli produk tersebut.
Ada banyak influencer TikTok
bagus yang bisa Anda ajak bekerja sama untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah
rancangan konten seperti apa yang anda inginkan untuk dibuat influencer
tersebut.
4. Rutin Mengunggah Konten
Rutin mengunggah
konten adalah hal yang harus kamu lakukan ketika mempromosikan suatu produk. Kalian
harus sering post video karena jika semakin banyak interaksi yang dilakukan
maka akan semakin baik untuk akun serta citra brand bisnis kalian.
Semakin banyak like,
video Anda bisa jadi akan ditampilkan masuk ke halaman for you page.
Setelah menggunggah
video, sesering mungkin kamu harus memberikan tanggapan komentar pengguna lain.
Pilih komentar yang paling positif dan berikan jawaban yang sesuai dengan
keingintahuan pengguna tersebut.
5. Iklankan Produk
TikTok juga punya
sistem yang membantu mengiklankan prodak. Beberapa jenis iklan yang disediakan
TikTok seperti pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi,
lalu in-feed ads yang muncul di tengah feed akun, promoted hashtag challenges
atau video promosi hashtag tertentu, kemudian branded effects yang menyediakan
filter dapat menampilkan informasi brand tertentu.
Dari empat jenis iklan
tersebut, hingga saat ini InFeed Ads menjadi iklan yang paling diminati oleh
pebisnis. Hal ini dikarenakan biaya pemasangan iklan tersebut cenderung kecil
dan iklan akan muncul di feed audiens.
Promosi di TikTok ini
layak kamu coba untuk meningkatkan penjualan produk. Yuk, mulai sekarang.
Komentar
Posting Komentar